Minggu, 17 Desember 2017

[Behind The Meme:Indonesia] gan slark shadowblad kan kenapa jadi itu dota apa ada di?

http://ifadworld33.blogspot.co.id/2017/12/behind-meme-indonesia-gan-slark-shadowblad-kan-kenapa-jadi-itu-dota-apa-ada-di_17.html


Assalamualaikum Wr.Wb
Kembali lagi bersama saya, dalam postingan kali ini akan saya bahas mengenai perkataan yang sedang viral akhir-akhir ini di Facebook, “gan slark shadowblad kan kenapa jadi itu dota apa ada di?”
 




Pendahuluan



Dota 2 adalah sebuah permainan komputer multiplayer online battle arena, merupakan sekuel dari Dota 1 (Defense of the Ancients) mod pada Warcraft 3: Reign of Chaos dan Warcraft 3: The Frozen Throne.
Di tengah bencana MMR,  tiba-tiba kiriman ini datang menghibur kita semua. Bagi anda para player Dota 2 yang sering aktif di sosial media Facebook pasti tidak akan asing dengan kalimat seperti ini. Namun yang jadi masalah adalah tidak semua orang bermain Dota dan tidak semuanya mengetahui titik kelucuan dari meme ini.


Beberapa teman saya ada yang masih tidak mengerti titik kelucuan dari lelucon ini, dan karena memang dia tidak bermain ataupun berteman dekat dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan permainan Dota.


Kronologis


11 Desember 2017, Bermula dari postingan salah seorang member grup player Dota 2 di Facebook yang tidak dapat disebutkan namanya karena etika jurnalistik. Pada postingan tersebut, ia menuliskan serangkaian kata-kata acak yang sulit dipahami. Kiriman “gan slark shadowblad kan kenapa jadi itu dota apa ada di?” tersebut sukses membuat banyak gelak tawa anggota grup lainnya dibuktikan dengan adanya ratusan komentar, ribuan kali dibagikan, dan ribuan react. Terlihat seperti sebuah typo atau kepencet yang membuat kata-kata acak tersebut terkirim pada grup tersebut. Awalnya saya tidak menghiraukan kemunculan kiriman ini ketika pertama kali menghiasi beranda saya karena saya pikir akan langsung dihapus oleh adminnya, namun hingga pada keesokan harinya 12 Desember kiriman tersebut dibagikan semakin banyak dan menjadi viral.
UPDATE 2018 : GRUP TERSEBUT KINI TELAH DIHAPUS


Menurut analisa saya, kalimat aneh tersebut terbentuk secara tidak sengaja karena adanya fitur “saran kata” yang terdapat pada ponsel. Karena terburu-buru, entah tidak sengaja atau bagaimana bisa-bisanya tertekan pilihan saran kata yang dipilih secara acak kemudian tertekan tombol kirim. Saya sendiri sering mengalami hal ini karena kebetulan ponsel saya tidak memiliki screen protector. Namun itu semua masih bersifat praduga.
 
Contoh fitur "saran kata"


Hingga saat ini, Belum diketahui pasti apa maksud sebenarnya dari tulisan yang dikirimkan ke grup itu karena hingga saat ini pemilik akun tersebut sangat sulit untuk dihubungi ditambah dengan banyaknya permintaan teman yang dikirimkan. Sabtu 16 Desember, akun tersebut hangus karena ada yang melaporkan akun tersebut diduga dengan alasan spam. Kemudian bermunculan akun palsu yang mengatasnamakan dirinya. Selang beberapa jam kemudian masih di hari yang sama, akun aslinya kembali dan disambut para teman-temannya di Facebook.





Seiring berjalannya dorama ini, banyak sekali yang mencoba melawak pada kolom komentar ataupun status baru yang mengikuti cara bicara beliau dengan sengaja. Adapun yang melakukan screenshot dari kiriman aslinya pada grup Dota 2 tersebut.



Kini kita beralih fokus ke foto profilnya.




Ya, foto profilnya juga menjadi daya tarik. Kucing berpose melamun aneh tersebut kerap kali menjadi bahan meme di Facebook. Berikut ini meme-meme yang berhasil saya curry :
 


   











Dan hingga saat ini, lelucon  gan slark shadowblad kan kenapa jadi itu dota apa ada di? tersebut masih zegar.

Sekiranya itu saja, semoga menghibur walaupun infonya sedikit agak ngawur xD
Stay tune, di blog ini.
Wassalamualaikum Wr.Wb


Ke Beranda

2 komentar:

Mohon maaf jika ada iklan yang tidak relevan, itu semua diatur oleh Google dan diluar kendali saya.