Welcome to Ifad World Portall !

Thursday, February 16, 2017

[Review] HP-15ba004ax.. Laptop gaming atau bukan? bisakah bermain GTA V?


sumber foto : adriancourreges.com
tags : Tweaking GTA V untuk laptop HP-15ba004ax, Bisakah laptop HP-15ba004ax memainkan GTA V? Bisa!, Main GTA 5 di laptop HP-15ba004ax, Setting optimal game Grand Theft Auto V di laptop HP-15ba004ax 

PERINGATAN
Perlu diketahui bahwa cara ini benar-benar tidak disarankan dan bersifat eksperimental karena memungkinkan memaksa laptop HP-15ba004ax ini bekerja diluar kemampuan ditandai dengan adanya suhu panas yang berlebih. Diharapkan perhatikan suhu ruangan agar tidak terlalu sempit dan panas sebelum memulai tweaking ini. Segala kerusakan yang terjadi diluar tanggung jawab saya sebagai penulis.


Assalamualaikum Wr.Wb

"Bisa kah laptop atau desktop saya memainkan GTA V ?
Ya, sekiranya itulah hal yang sering ditanyakan oleh para gamers beberapa tahun terakhir sejak dirilisnya Grand Theft Auto 5 untuk PC Windows 2015 silam. Kali ini saya akan membahas tentang Tweaking atau setting optimal GTA V untuk laptop HP-15ba004ax.

sumber foto : butikdukomsel.com
Yang menjadi ketertarikan saya membuat artikel ini adalah semakin banyaknya feedback buruk para pengguna HP-15ba004ax ini saat memainkan game-game berat seperti GTA V. Berbagai alasan seperti missing texture, lag, stuterring dsb.. cukup melengkapi rasa sedih saya yang kebetulan sekali telah membeli laptop HP-15ba004ax ini :'v . Dan ironisnya alasan mereka terbukti benar. Setelah saya sendiri mencoba performa laptop ini untuk game-game sekelas GTA V, memang banyak sekali missing texture, lag, stuterring dll..  seperti yang mereka katakan. Dari situlah saya dalam hati bertanya-tanya.. Untuk apa motto "Affordable for gaming" yang tertera pada brosur HP untuk tipe ini dibuat jika kenyatannya sangat bobrok untuk gaming?. Mungkin artikel ini akan berguna juga bagi anda yang bertanya-tanya apakah laptop ini kuat memainkan game-game HD lainnya.

Sumber foto : wikimedia.org

"Radeon is gaming" ? tidak juga

Mungkin jika anda sebelumnya telah mengikuti perkembangan AMD series, tidak akan heran jika kenyatannya Radeon isn't gaming. Pasalnya, itu hanyalah nyanyian nina bobo belaka untuk para gamers low budget. R8 M445DX (R5+R7 2GB) belum bisa dikatakan seri gaming. Seri RX lah yang baru bisa dikatakan gaming.

Hewlett-Packard adalah merk kelas atas

sumber foto : lafireflystorage1.blob.core.windows.net
Pada dasarnya tidak ada yang namanya "murah dan bagus". Merk ternama tapi harga murah? perlu diwaspadai. Laptop HP-15ba004ax ini tergolong kelas menengah-bawah. Artinya, versi premium dari produk ini adalah tipe 10 juta keatas. Sama halnya dengan membeli Macbook Air, yang merupakan kelas terjangkau di kerajaan Apple. Hanya dengan RAM & processor tinggi saja tidaklah cukup untuk menikmati game ini secara nyaman. Jadi jangan pernah bandingkan dengan laptop lainnya di kelas 5jt an dengan spesifikasi kurang lebih 2GB RAM 2GB VRAM Nvidia GT930M bisa menikmati GTA V tanpa ada missing texture, lag & stuterring sekalipun.

Main GTA V di laptop HP-15ba004ax ? Bisa!

Dengan sedikit sentuhan tweaking, anda dapat menikmati GTA V setting high dengan skala FPS berkisar antara 20an sampai 30an. "Lho.. kok cuma segitu?  terus RAM 8GB, AMD A10 2,4 Ghz nya buat apa?" Seperti yang saya katakan tadi, "Radeon is gaming" ? tidak juga :) .

Saatnya "tweaking"

Awalnya saya memang kecewa dengan performa HP-15ba004ax ini yang bisa dibilang buruk untuk pemrosesan grafik, namun berbekal eksplorasi dan tentunya do'a pun akhirnya rasa kecewa saya pun terobati. Ya.. meskipun saya membuat artikel tweaking ini pun artinya laptop ini tidak terlalu kuat semestinya untuk menjalankan GTA V secara optimal. Hasilnya missing texture, lag & stuterring berkurang setelah proses tweaking ini. Sekali lagi, perlu diketahui bahwa pada dasarnya laptop HP-15ba004ax ini bukanlah laptop gaming sehingga dengan adanya postingan ini bukan berarti anda dapat "bermain seenaknya", artinya pasti banyak sekali kekurangan lainnya yang didapat. Setidaknya, tweaking akan menjadi pelipur lara bagi yang sudah terlanjur membeli HP-15ba004ax ini :") . Memang bisa dibilang tweaking ini akan membutuhkan daya baterai yang sangat besar, Jadi saya sarankan sebelum bermain GTA V di laptop ini.. pastikan anda men-charge nya, sampai baterai penuh saja lalu cabut.

1. Sebelumnya, pastikan semua driver sudah terinstall termasuk kedua driver grafik; R5 & R7 (catatan : Kombinasi R7 dual grafik untuk seri ini telah re-branded menjadi R8 M445DX)



 2. Pastikan juga game yang akan anda mainkan sudah tertera pada Radeon Gaming Settings. Jika belum tertera, bisa anda tambahkan sendiri secara manual. Misalnya GTA V, Silahkan menuju ke folder direktori GTA V terinstall dan tambahkan GTA5.exe & GTA5Launcher.exe


 3. Selanjutnya, masuk ke Global Settings. Pastikan anda tidak mengubah aturan apapun disana yang berdampak pada performa grafik gaming. Namun jika sebelumnya anda sudah terlanjur mengubah sesuatu, bisa klik Reset untuk mengembalikan pengaturan yang ada seperti semula. Terkecuali untuk pilihan AMD Crossfire pada submenu R5 yang seharusnya aktif guna meningkatkan performa grafik dengan sistem GPU+APU terintegerasi.


4. Kembali ke menu utama dan masuk ke pilihan Preferences lalu Radeon Additional Settings




[PERHATIAN] Untuk tahap 5-7 memang bukanlah setting default, sehingga semua dikembalikan kepada anda sendiri. Pilih Baterai tahan lama atau Performa tinggi. Untuk mode performa tinggi, GPU R7 akan dipaksa agar selalu berjalan dan tidak malas-malasan menunggu dipanggil saja XD  (maaf kalau di postingan ini saya terlalu banyak menggunakan majas :v )

5. Pada menu PowerPlay, sesuaikan pengaturannya menjadi seperti ini :


6. Pada menu Switchable Graphics Global Settings, sesuaikan pengaturannya menjadi seperti ini :

7. Pada menu Switchable Graphics Application Settings, pastikan nama GTA V & GTA5Launcher tertera disana. Jika belum, anda bisa menambahkannya secara manual.


[PERHATIAN] Untuk langkah 8*-10  adalah syarat rutin yang harus selalu anda lakukan setiap kali ingin memainkan GTA V. Untuk langkah 9-10 sifatnya masih experimental. Resiko ditanggung sendiri.
*hanya tahap akhir dari langkah 8 ini yang harus selalu dilakukan

8. Untuk mengantisipasi adanya lag, matikan AMD Enduro Engine (penghemat daya) dengan langkah-langkah berikut;
Buka Windows Mobility Center dan klik Power Options

Klik Change Plan Settings yang mana saja terserah, karena semua pilihan itu akan menunjukkan tugas yang sama yaitu window Edit Plan Settings


Akan muncul window seperti dibawah ini, lalu klik Change advanced power settings
 
 Klik Change settings that are currently unavailable

 Ubah ke High Performance

 [INGAT] Jangan mengganti persentase lainnya selain Processor Power Management, Switchable Dynamic Graphics dan AMD Graphics Power Settings
 
Pada bagian Processor Power Management, ubah persentasenya menjadi seperti ini :

Lalu pada bagian Switchable Dynamic Graphics dan AMD Graphics Power Settings ubah semuanya menjadi Maximize Performance. Kalau sudah, klik Apply/OK dan tutup semua window tadi.

 * Ini adalah tahap akhir dari langkah 8 *
Sebelum bermain GTA 5, biasakan ubah mode baterai ke High Performance dan matikan Battery saver (Windows 10). Usai bermain matikan kembali mode ini atau ubah ke Balanced ataupun Power saving.


9. (Opsional, disarankan hanya dilakukan ketika benar-benar diperlukan)
Loading lama? Alt+Tab atau Alt+Enter dan jalankan task manager lalu pilih detail dan ganti prioritas GTA5.exe menjadi Realtime sampai loading selesai. Terdengar suara pecah-pecah? jangan khawatir.. itu artinya kelemahan pada grafik sedang dilimpahkan kepada CPU. Tunggu hingga loading nya selesai. Setelah itu ganti kembali menjadi Normal (ingat, GTA5.exe bukan launchernya).






Jangan keluarkan dulu task managernya

  10. Yang satu ini memang sudah langganannya radeon series karena kurangnya sinkronisasi antara hardware dengan software.


Kembali buka task manager, pilih set affinity GTA V nya dan hilangkan CPU 0

Hasilnya
 Cara ini memang akan mengurangi FPS hingga beberapa persen karena dengan menghilangkan salah satu CPU sama saja dengan mematikan salah satu mesin. Teknik ini menyesuaikan performa dengan kemampuan grafis.

10. Konfigurasi
[PERHATIAN] Mengingat dalam hal ini tidak semua software dapat membaca sistem dual grafis ini sehingga GPU limit tidak benar-benar menunjukkan kekuatan GPU sebenarnya. Sesuaikan konfigurasi grafis sesuai selera anda. Kualitas tinggi atau ketepatan tinggi. Bagi anda pecinta motion yang halus saya sarankan ubah semua settingan grafis ke default (rata kiri terkecuali untuk shadow quality = High)

Konfigurasi saya :

*Sebenarnya saya menggunakan mode fullscreen, windowed mode hanya untuk mempermudah screenshoot untuk membuat artikel ini
*FPS berkisar antara 18-35 
*Jangan terlalu percaya VRAM limit, itu hanyalah mitos :v




Kesimpulan

Setiap produk pasti memiliki kelemahan dan kelebihan yang disesuaikan dengan harganya. Harap perhatikan dari segala aspek dan pikirkan matang-matang konsekuensinya sebelum membeli sesuatu apalagi barang elektronik. Intinya, HP-15ba004ax menurut saya bukanlah laptop gaming. Melainkan laptop multimedia kelas menengah. Kalau boleh saya menambahkan, lebih tepatnya "Affordable for multimedia". Di sisi lain khususnya sektor RAM memang unggul dan nyaman untuk penggunaan editing video, desain, animasi, audio mix & mashup, dll.. Ke sektor display, lumayan bagus & ketajaman warna bisa dibilang sekelas TFT SHARP LC-32LE340M meskipun resolusi native-nya hanya sebatas 768p dengan panel TN. Namun kelemahan ini bisa terobati dengan teknologi AMD Virtual Resolution & Video Colour Profile. Lalu untuk gaming.. saya rasa hal ini relatif. Hanya saja perlu diperahatikan jangan menekan keyboard terlalu keras karena mengingat ini bukan laptop gaming dan keyboardnya lumayan lemah. Kalau milik saya, tombol B sudah agak terasa jebol :'(
Sekian artikel ini, mohon maaf apabila ada salah kata.. Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum Wr.Wb
Ke Beranda

Terima kasih telah berkunjung!