Sabtu, 07 Maret 2015

[INFO] 10 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website

Illustration: http://cara-ririn.com

Assalamualaikum Wr. Wb

Meningkatnya stats pengunjung blog atau  website mungkin akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para blog/web master. Namun,
sayangnya tidak semudah yang anda fikirkan bagaimana blog/ website tersebut sering dikunjungi. Selain kesabaran, reputasi awal juga berpengaruh terhadap kualitas web tersebut dimata orang terutama bagi blog/ webmaster baru. Dan berikut sudah saya rangkum dalam 10 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website berdasarkan pengalaman dan referensi hunting saya sendiri.



1. Penggunaan bahasa yang jelas, baik dan benar.

IMG Source : http://tacet.files.wordpress.com

Inilah yang sering dilupakan para blog/ webmaster. Seringkali saya melihat kesalahan dalam penggunaan bahasa atau pelafalan yang kurang jelas yang membuat pengunjung menjadi kurang tertarik dan bergegas pergi mencari artikel serupa pada blog lain. Meskipun informasi yang diberikan baru dan akurat namun bahasa tidak jelas atau bahkan tidak sopan maka ini akan berpengaruh terhadap reputasi blog itu sendiri. Untuk minimal tidak baku juga tidak apa-apa asal tidak menggunakan kata kasar dan pemborosan kata yang membingungkan pembaca.







2. Buatlah hal baru




Membuat hal baru yang belum pernah dibuat atau diposting orang lain sebelumnya juga dapat berpengaruh terhadap stats blog/ web. Dengan cara ini akan membuat orang tertarik dan tidak bosan mengunjungi blog/ website anda dan tentunya jangan meniru karya orang lain dengan artian penemuan atau hal baru yang anda buat/ temui sendiri.



3. Inferface menarik


Tampilan menarik, script fitur & plugin yang memudahkan pengunjung untuk menggunakan fasilitas blog/ website juga berpengaruh besar terhadap data statistik pengunjung. Memungkinkan pengunjung tidak kerepotan akan betah untuk sekedar nongkrong atau mencari artikel.



4. Script tidak boros

IMG Source : yukonstruct.com
Kurangi penggunaan banyak script dalam ataupun pihak ketiga yang memungkinkan akan membuat proses membuka blog/ website anda lambat karena keberatan muatan atau malah merusak tampilan. Dengan berbagai cara penghematan script seperti; melakukan kompresi action script java & HTML, mengurangi widget & plugin yang tidak penting, menggunakan script konten universal atau umum dll. Ini juga berguna bagi pengunjung yang mempunyai masalah PC spek rendah, kuota internet dan lain sebagainya.



5. Tidak mencampuradukan rating umur

IMG Source : laurenwest1996.blogspot.com
 Artinya tidak menggabungkan unsur "aman" dengan "bahaya". Misal, dengan tidak memposting konten dewasa atau pelanggaran pada website untuk semua umur dan begitu juga sebaliknya.



6. Menjaga "attitude" di depan para pengunjung

Bersikap bijak, sopan, sabar dan responsif adalah beberapa contoh dari kriteria internal untuk menjadi admin website/ blog yang baik. Salah satu contohnya, dengan selalu memberikan respon terhadap komentar para pengunjung.



7. Selalu "Up to date"

Sebagai contoh; Untuk blog/ web umum dengan tidak lupa memposting artikel terbaru dengan info dan sumber aktual dan bukan merupakan "hoax" atau penipuan. Sedangkan untuk blog download dengan tidak meng-upload konten pelanggaran (yang berdampak negatif secara jelas), selalu menggunakan server data terpercaya dan selalu memperbarui link download yang telah usang.



8. Meningkatkan keamanan & kenyamanan external

IMG Source : http://blog.inszoom.com
 Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah blog/ website anda terkena serangan Unauthorized Access (PopUp Ads, Virus, hack,dll) , yaitu; Tidak menggunakan layanan plugin illegal, Perketat keamanan email anda (yang terkait admin web), Tidak memperbolehkan iklan yang memungkinkan tersebarnya iklan lain secara tersembunyi muncul pada blog/ website anda. Terakhir, Tidak terlalu banyak memasukkan  Re-Direct link pada ad*.ly atau penyedia penghasil uang lainnya karena dapat menyulitkan pengunjung jika dalam waktu krisis.



9. Aktif di media sosial (Opsional)


Aktif di berbagai media juga dapat berpengaruh terhadap "kedekatan" website anda dengan "mesin pencari". Secara singkat, semakin sering nama anda terlihat di Google* maka semakin sering pula website anda terlihat (bila ditautkan / sistem sync).  *hanya contoh search engine



10. [Not Reccommended] Menjadikan website/ blog kita menjadi homepage PC teman [Hanya iseng :v jangan disalahgunakan]

Mungkin bisa dibilang yang terakhir ini cukup "extreme" jika dilakukan, dan tidak saya sarankan bagi siapapun kecuali hanya untuk iseng dan merubahnya kembali. Teringat tahun lalu, saya meminjam laptop teman saya dan saya buka browser, lalu saya ubah homepage nya menjadi http://ifadworld33.blogspot.com . Alhasil, keesokan harinya teman saya protes karena dirasa saya telah promosi secara tidak langsung dengannya (hanya candaan). Memang efeknya sangat terasa apalagi kami satu sekolah yang membuat teman lain yang melihat promosi "paksa" tersebut menjadi penasaran dan ingin melihat apa isi blog saya. Peringatan : Jangan salahgunakan tekhnik ini untuk membuat adware illegal, spy direct dan lain-lain.




Sekian artikel 10 Tips Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website ini semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada salah kata dsb. Untuk pertanyaan, saran, kritik dan lainnya silahkan kirim di komentar.

Wassalamualaikum Wr. Wb
Ke Beranda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika ada iklan yang tidak relevan, itu semua diatur oleh Google dan diluar kendali saya.