Rabu, 15 November 2023

Cara mengatasi iklan tidak relevan muncul di blog kita (Blogger.com / Blogspot)

Image by pch.vector on Freepik

Iklan adalah salah satu sumber penghasilan seorang blogger atau penulis blog di internet. Iklan yang ada di blog Blogger (blogspot) diatur oleh Google. Namun sayangnya ada kendala yaitu Google sendiri tidak ketat menyortir iklan apa saja yang masuk ke blog kita.

Seperti halnya iklan yang mendekati judi dan gambar erotis muncul yang tidak sesuai dengan audiens blog kita. Mungkin memang karena perbedaan budaya sekitar, kebiasaan, agama, gaya hidup dsb antara Indonesia dan Amerika Serikat (selaku tempat kantor pusat Google). Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya.

Berikut adalah cara-caranya, klik gambar untuk memperbesar :

1. Login ke google.com/adsense, Lanjut ke menu "Keamanan merek >> Konten >> Kontrol pemblokiran"



2. Buka "Kategori sensitif", blokir semua jenis iklan yang ada disana



3. Kembali ke menu awal pemblokiran, masuk ke "URL pengiklan" dan masukkan "mexico-vacation.live" dan "zemanta.com" lalu blokir seperti gambar dibawah. Kedua pengiklan tersebut adalah pengiklan yang sering menyisipkan gambar kurang pantas.



"Lalu bagaimana jika iklan tidak pantas masih muncul?"
Kemungkinan iklan tersebut muncul bukan dari Zemanta ataupun Mexico Vacation melainkan dari pengiklan yang lain. Cara terakhir adalah memblokir secara manual. Pertama-tama kita ketahui terlebih dahulu iklan tersebut bertemakan tentang apa, misal iklannya adalah iklan pariwisata. Kalau dulu yang sering muncul di blog saya adalah yang bertemakan pariwisata. Padahal hanya tentang promosi perjalanan namun menggunakan gambar kurang pantas. Kita bisa memblokirnya secara manual di menu pemblokiran, ke semua kategori dan pilih tema iklan yang kurang pantas tadi untuk diblokir seperti gambar dibawah.


Masih muncul juga? Coba blokir juga kategori "pakaian dalam" dan "pakaian renang".



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Ke Beranda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika ada iklan yang tidak relevan, itu semua diatur oleh Google dan diluar kendali saya.